--> Skip to main content

Bagaimana jika blog terkena Blogger blog takedown notification?

Blogger blog takedown notification
Beberapa jam yang lalu ada teman saya yang mengadu kepada saya bahwa dia mendapat email dari google email tersebut berisi Blogger blog takedown notification ya bagi kamu yang belum pernah dapat mungkin agak heran itu email apa maksudnya? Jadi Blogger blog takedown notification adalah email yang memberitahukan kepada kita bahwa ada konten di blog yang kita punya telah melanggar peraturan DMCA  atau ada artikel di blog kita yang sama persis dengan artikel yang di miliki orang lain dan orang tersebut mengadukan nya ke Google Takedown.

Apa itu DMCA?

DMCA adalah hukum hak cipta Amerika Serikat yang memberikan pedoman mengenai kewajiban penyedia layanan online dalam kasus pelanggaran hak cipta.

Bagaimana cara mengatasi konten yang terkena DMCA?

Kalau tadi sih saya kasih tau ke teman saya , Pastikan dulu apakah konten di blog yang dia miliki tersebut memang dia copas dari blog atau web orang lain tidak? Terus cek apakah ada link, gambar atau video orang lain di dalam artikel tersebut? Teman saya menjawab: iya ada bro! Saya copas postingan dari blog lain bro. Mulai dari isi sampai gambar dari artikel blog nya.
Saya menjawab: Hmm kalau masalah nya seperti itu maka kamu harus segera menghapus artikel atau postingan tersebut dari blog kamu.

Pastikan semuanya hilang dari SERP Google , Teman saya: Bagaimana cara ngecek kalau artikel tersebut sudah hilang dari SERP Bro?

Caranya silahkan kamu ketikan link / judul artikel dari postingan yang sudah di hapus tadi di kolom search browser : judul / link site:linkblogkamu.com lalu enter.
Dan coba lihat masih ada nggak postingan nya di SERP Google? Kalau sudah berarti kamu sudah berhasil menghapus nya secara bersih dan permanen. Kalau masih ada silahkan Hapus konten yang terkena DMCA nya lewat Google Webmaster.

Cara menghapus artikel yang melanggar hak cipta di blog?

Silahkan masuk ke Gmail kalian masing masing.
lalu search di google dengan kata pencarian "Webmaster" terus login deh pakai email blog tersebut.

Jika sebelumnya kamu sudah mendaftarkan blog kamu di webmaster kamu bisa langsung masuk ke link ini : https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en

Kalau belum silahkan daftarkan dulu blognya lalu lakukan verifikasi atau baca dulu artikel bagaimana cara mendaftarkan blog ke search console google.

Saya anggap kamu sudah pernah mendaftarkan blog di webmaster, Setelah login
cara menghapus postingan yang terkena dmca takedown

#1. silahkan pilih mana blog yang memiliki konten bermasalah di DMCA!
Klik link blog tersebut di webmaster tadi.
#2. Copy dulu URL atau link artikel yang kena notifikasi DMCA tadi.
#3. Kembali ke webmaster pilih menu Google index.
#4. Klik lagi Remove URLs.
#5. Klik Button Temporarily Hide.
#6. Masukan link artikel yang sudah kamu copy tadi (Link artikel yang bermasalah).
#7. Klik Continue.
Silahkan cek Apakah postingan yang melanggar takedown tadi masih ada di SERP Google?

Bagaimana jika kita tidak melakukan kopas?

Kalau kamu tidak pernah merasa pernah mengkopas artikel yang dilaporkan tersebut kamu bisa mengajukan banding dengan melengkapi form dibawah ini.
https://support.google.com/legal/contact/lr_counternotice?product=blogger

Oke mungkin segitu dulu ya artikel untuk hari ini, Semoga bermanfaat. 
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar