--> Skip to main content

Cara Daftar dan Verifikasi Webmaster Google

Melalui artikel ini saya akan memberikan tips cara menggunakan webmaster tools untuk blogger pemula dan cara mendaftarkan blog anda ke webmaster tools. Dengan cara ini akan lebih cepat artikel blog kalian terindex di google. Apa tujuan dari cara ini? cara ini memudahkan pengunjung untuk menemukan situs artikel yang berkaitan dengan blog sobat.

Cara Daftar dan Verifikasi Google Webmaster Tools

Cara ini seringkali disepelekan oleh blogger – blogger pemula, padahal inti dari blog ini dapat kita dapatkan jika kita bisa menggunakan fasilitas gratis yang sudah diberikan oleh google yaitu situs webmasters search console (webmaster tools). Selain inti dari blog, webmaster tools juga sangat bermanfaat untuk perkembang blog sobat. Nah saya juga kurang tahu kenapa hal ini sangat disepelekan apakah mungkin blogger pemula tidak mengerti atau mengetahui cara menggunakan alat google yang ampuh untuk mendapatkan trafik (visitors) yang tinggi maka dari itu cara ini dikesampingkan.

Oke, Kalian gak usah khawatir bagi kalian blogger pemula, mungkin hal ini belum banyak anda ketahui. Jadi saya akan mengulas tentang hal yang berkaitan dengan cara menggunakan webmasters tools untuk blogger pemula. Simak baik – baik dibawah ini guys.

Cara Menggunakan dan mendaftarkan blog ke Webmaster Tools Untuk Blogger Pemula


1. Buka link atau situs yang saya sudah sediakan yaitu situs Google Webmaster Tools

2. Setelah link atau situs itu terbuka akan tampil halaman pertama webmasters tools untuk detailnya kalian bisa lihat gambar yang ada dibawah. Lalu klik di bagian menu “Add Property” letaknya di sudut kanan dibawah setting kotak yang berwarna merah, setelah mengklik add property maka akan tampil pop up baru kemudian isikan atau masukan situs atau halaman homepage anda di kolom tersebut.


3. Biasanya setelah anda menambahkan situs atau alamat url blog kalian, google akan memintai anda untuk mengkonfimasikan atau verfikasi blog sobat. Google akan memberikan 4 metode untuk memverfikasi blog anda, ditampilan verifikasi ada 2 tampilan metode untuk detailnya lihat gambar dibawah.

Tampilan pertama recomemended method, kita tidak akan menggunakan metode ini, kita akan menggunakan alternate methode yang berada disebelah kanan kalian klik menu “alternate methode”


Tampilan metode yang kedua yaitu alternate metode. Nah setelah anda klik alternate method kemudian pilih metoda yang paling mudah dan recommended juga tentunya pilih “HTML tag”, setelah memilih biasanya akan muncul kode yang akan di berikan oleh google. Tentunya kode yang diberikan tersebut harus kalian copy ke template sobat.

4. Langkah berikutnya Salin atau copy kode yang sebelumnya diberikan oleh google. Buka kembali dan login ke dalam blog sobat, silahkan ke dashboard blog dan klik menu “Template” lalu pilih “Edit Html” setelah itu kutip atau paste kode misalnya kodenya seperti ini, kode ini hanya sebagai contoh kode ini akan berbeda dengan kode yang google berikan ke anda, pastikan kode tersebut sudah tersalin dan siap untuk mengutip.


Jadi kode ini akan dipaste atau dikutip tepat di atas kode </head> kalian bisa cari menggunakan tombol “control + f” di halaman edit html. Perlu ingat kembali letakan dibawah kode . lalu simpan template anda.

5. Setelah  sobat berhasil menyimpan template. Kembali lagi ke webmaster tools, kemudian klik verify untuk memverifikasi kode yang sudah dimasukkan sebelumnya ke dalam template blog. Jika berhasil maka akan ada tulisan seperti gambar yang ada di bawah ini.


6. Jika akun alamat blog anda berhasil ditambahkan, maka akan terlihat pesan dari google seperti gambar dibawah ini.


7. Situs anda sudah di tambahkan.

Untuk Tutorial Video Cara Mendaftarkan Blog Ke Webmaster Tools.


Sesudah ditambahkan dan mendaftarkan situs alamat url blog anda ke google, di tahap inilah banyak blogger pemula yang belum mengerti dengan tahap selanjutnya cara menggunakan webmasters tools ini. Pengalaman pertama saya juga begitu seperti awam maklum saya juga blogger pemula yang memberikan tips ke blogger pemula juga, tidak ada salahnya membagi ilmu kan. Alangkah baiknya kita mengenali dulu alat – alat yang sudah disediakan oleh webmaster tools ini.

Lihat baik -baik menu yang terletak di kiri adalah alat – alat yang bisa kita juga gunakan dan tombol yang terletak di sudut kanan yang berlogo “gear” itu adalah setelan untuk blog sobat. Klik tombol setelan maka akan terdapat menu – menu alat untuk webmaster tools. Selain cara diatas ada pula cara menggunakan webmaster tools yang lainnya.

Sekian, tutorial yang saya berikan di artikel cara menggunakan dan mendaftarkan blog ke webmasters tools untuk blogger pemula. semoga artikel ini dapat mengatasi dan menjadi solusi bagi permasalahan yang sedang anda cari – cari. terimakasih sudah berkunjung.
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar