--> Skip to main content

8 Cara Optimasi SEO agar Masuk Halaman ranking 1 Google

Delapan Cara Optimasi SEO agar Masuk Halaman ranking 1 Google – Di pagi hari ini saya akan memberikan tips dan tutorial mengenai 8 Cara Optimasi SEO agar Masuk Halaman 1 Google. Di dalam membuat blog, apapun topik blognya, tujuan dari membuat blognya dan platform yang digunakan apa tetap saja target utama dari seorang blogger sejati adalah membuat artikelnya menjadi lebih terkenal dan mudah ditemukan oleh siapapun entah itu google, pengunjung atau seseorang pengguna internet yang barangkali mereka sangat membutuhkan materi untuk dipelajari. Bahkan banyak para blogger pemula maupun semi profesional dan serta merta profesional berupaya dengan beragam jenis cara untuk menemukan bagaimana cara ranking 1 google. Dengan menemukan cara tersebut blog yang dikelolanya akan berpeluang mendapatkan banyak pengunjung atau banyak pengunjung yang menemukan artikelnya jangan lupa pula jika semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog maka peluang untuk mendapatkan penghasilan cukup atau melebihi bukan hanya mimpi lagi, tetapi bisa menjadi kenyataan.


8 Cara Optimasi SEO agar Masuk Halaman ranking 1 Google

Cara peringkat 1 google, pada dasarnya bisa di bilang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah. Bisa sulit dan bisa saja mudah tergantung dengan kata kunci (keyword) yang kita sasar. Jika kita menyasar atau membidik kata kunci untuk dijadikan sebuah judul artikel namun pesaing anda cukup banyak dan sulit, maka peluang untuk menjadi ranking 1 google akan cukup sulit juga, selain memerlukan pikiran yang dituangkan ke dalam artikel kita juga harus memikirkan SEO Ekstra keras. Tetapi jika kata kunci yang kita sasar atau bidik kurang diminati oleh pengguna internet dan level untuk persaingan di google mudah dalam artian tidak banyak, maka cara masuk ke halaman satu google akan menjadi lebih mudah kita untuk mendapatkannya tanpa perlu adanya bantuan dari backlink dofollow atau nofollow sekalipun. Membuat web di halaman 1 google pun akan kita peroleh dengan mudahnya.

Optimasi SEO agar mendapat ranking 1 google


Satu – satunya cara membuat blog di halaman pertama google bisa kita lakukan dengan cara mengoptimasi SEO atau menggunakan cara tekhnik Optimasi SEO, baik itu termasuk optimasi SEO Onpage maupun SEO offpage. Berikut ini adalah tips dan trik yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan ranking 1 google atau nangkring di halaman paling depan google dan menjadi nomor 1 di google.

1. Kata kunci Pada title tag diletakan di awal suku kata paragraph pertama.



Untuk menjadi no 1 google salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah meletakan kata kunci yang anda target atau dibidik pada title tag (JUDUL ARTIKEL) tepat di awal penulisan pada pargraph pertama. Cara ini adalah salah satu cara SEO Onpage terbaik yang saya pernah lakukan, diusahakan sebaik mungkin agar kata kunci sasaran anda di tempatkan tepat di awal suku kata paragraph pertama. Untuk template blog SEO Friendly kemungkin besar title tag sebagai judul artikel biasanya sudah disetting menggunakan heading 1 atau h1 dan Cara ini adalah cara sangat baik terlihat di mesin pencarian.

kata kunci di awal suku kata agar ranking 1 google

2. Panjang sebuah artikel setidaknya melebihi dari 1500 kata.


Untuk masuk ke dalam halaman pertama google ialah membuat artikel dengan panjang melebihi 1500. Pernahkah anda mencoba untuk membuat artikel dengan sepanjang itu? Mungkin saja ini adalah salah satu aktivitas yang paling banyak tidak disukai oleh para blogger dimana blogger ini hanya ingin semuanya instan padahal untuk mendapatkan no 1 di google caranya cukup sulit. Selain itu untuk membuat artikel dengan minimal pendek artikel 1500 sangat melelahkan dan membosankan, tetapi jika anda mengetahui keuntungannya dalam membuat artikel panjang dalam artian lebih dari 1500 kata, maka anda akan tergiur dan ingin membuat artikel panjang sebanyak – banyaknya karena cara ini juga bisa menjadikan blog anda menjadi ranking 1 google.


Gambar diatas ini menunjukan bahwa no 1 di halaman google menduduki 10 besar yang memiliki suku kata lebih dari 2000 suku kata.

Banyak dari mereka para blogger lebih memilih artikel pendek singkat jelas dan padat namun teroptimasi dengan benar, tetapi disini perlu anda ketahui dengan memiliki artikel yang mempunyai banyak suku kata dalam artian panjangnya lebih dari 1500 kata atau bahkan lebih maka artikel anda akan lebih mudah untuk ditemukan oleh mesin pencarian google, bing maupun yandex. Kaya akan kata kunci LSI dan sangat gampang ditemukan dengan berbagai jenis kata kunci di dalam artikel. Serp IQ adalah salah satunya, terlepas dari seo onpage maupun offpage lainnya Konten yang sangat mudah ditemukan dan mendudukin 10 besar di google dari hasil pencarian atau search engine adalah konten artikel yang mempunya lebih dari 2000 suku kata, apalagi setelah menulis 2000 suku kata kita tambahkan dengan optimasi  dengan baik pastinya sudah bisa di bayangkan kita akan lebih mudah berada di posisi pertama di google. Keuntungan dari artikel panjang lainnya simak berikut ini.

  • Bounce out rate kita semakin membaik.
  • Lebih berpeluang untuk artikel kita di bagikan oleh pengunjung.
  • Waktu pengunjung akan lebih lama apalagi artikel membuatnya betah.

Tips Blogger, utamakan membuat artikel dengan panjang melebihi dari 1500 suku kata, menarik judulnya dan serta merta sangat mudah untuk dimengerti maupun dipahami dan kaya akan kata kunci LSI

3. Kecepatan Loading Sebuah Halaman.


Sekali – sekali cobalah cek seberapa cepat loading halaman blog anda dan jangan pernah menyepelekan kecepatan loading sebuah halaman. Anda boleh saja membuat halaman dengan pernak – pernik yang banyak dan blog terlihat cantik, menarik, menawan namun jangan dilupakan apa yang harus kalian fokuskan terlebih dahulu karena mendesain blog terlalu berlebihan itu hanya membuang – buang waktu anda. Dan anda harus lebih mementingkan kecepatan halaman loading blog anda ketimbang dengan pernak – pernik yang membuat blog anda cantik namun lelet saat dibuka. Apa sih pentingnya kecepatan loading halaman, bukannya blog menarik lebih diminati pengunjung? nah itu tergantung anda, menurut pandangan saya tentunya kecepatan halaman loading sangat penting karena kecepatan loading halaman adalah salah satu yang diperhitungkan dalam algoritma mesin pencarian google ranking faktor no 1 adalah seberapa cepat halaman anda untuk di akses oleh pengunjung, semakin cepat loading halaman blog anda, semakin besar peluang anda untuk menduduki posisi 10 besar pada halaman pertama google.

Tips Gunakan google page insigh untuk melihat seberapa cepat website atau blog anda yang kelola, semakin cepat semakin tinggi juga peluang anda untuk memasuki 10 besar halaman awal google.

4. Peletakan Kata Kunci atau keyword.


Pada saat ini google sendiri memang sangat tidak memperhatikan kepadatan kunci, namun anda perlu ingat kepadatan kata kunci juga tidak boleh anda biarkan saja karena kepadatan kata kunci juga sebagai tolak ukur untuk mesin pencarian. Google masih tetap menggunakan kepadatan kata kunci untuk mengukur tingkat relevansi dengan artikel yang dikaitkan dengan kata kunci yang akan di cari.

Peletakan dan ke akuratan kepadatan kata kunci yang tepat merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ranking halaman pada mesin pencarian. Supaya optimasi anda lebih baik dan tentunya lebih mantab lakukan peletakan kata kunci seperti langkah yang ada di berikut ini.

  • Letakan kata kunci atau keyword yang sudah anda bidik dan ditargetkan pada URL blog, namun tetap harus diingat kembali semakin pendek url halaman blog anda itu akan semakin baik pula.
  • Letakan kata kunci atau keyword yang anda sasar di paragraf pertama di area 100 kata pertama disetiap artikel
  • Letakan kata kunci atau keyword yang anda sasar dan ditargetkan pada Tag heading 2 (H2) juga heading 3 (H3) atau salah satunya adalah Peletakan kata kunci yang tepat secara tidak langsung telah menginformasikan kepada mesin pencari google bahwa artikel yang anda buat adalah tentang kata kunci tersebut.
  • Tips blogger : Masukan kata kunci atau keyword anda pada url blog, paragrap pertama di setiap suku kata berjumlah 100 suku kata pertama, dan juga letakan kata kunci atau keyword yang anda sasar pada tag H2 atau H3 pada artikel yang anda buat.


5. Relevansi Backlink (Backlink alami atau berkualitas tinggi)


Relevansi backlink adalah salah satu faktor yang paling penting juga dan sangat berperan untuk membuat blog dihalaman pertama google. Salah satu yang sangat berperan dan sangat penting di mata mesin pencarian google dan menentukan posisi sebuah halaman mesin pencarian google yakni backlink dofollow yang diperoleh dari artikel yang relevan, artikel yang relevan ini dimaksudkan artikel yang mempunyai topik sama dan berkaitan dengan artikel anda maupun artikel orang lain. Dan sebaiknya link dofollow ini diletakan di dalam artikel. (Menurut Mat cus 1 site wide dianggan 1 backlink saja) serta sumber backlink dari website atau blog kita memilik pagerank yang tinggi. Semakin tinggi pagerank sumber backlink anda, semakin besar juga peluang anda untuk menjadi nomor 1 di google.

Tips blogger: Fokuslah untuk membangun backlink yang berkualitas dan alami dari postingan – postingan atau artikel yang relevan (relevan dalam artian memiliki topik pembahasan yang sama) dan juga mempunyai pagerank tinggi, dan yang paling penting yang harus anda perlu ketahui ialah 1 backlink berkualitas sebanding dengan 100 backlink tidak berkualitas

6. Waktu kunjungan pengunjung (Dwell Time)


Faktor lainnya dalam membuat blog anda menjadi ranking 1 google adalah waktu kunjungan visitors. ini adalah salah satu tips untuk para blogger lainnya adalah usahakan agar si pengunjung yang berkunjung di blog anda betah membaca artikel anda atau betah berlama – lama saat berinteraksi kepada situs atau website yang kita kelola. Semakin pengunjung tersebut lama dan sangat betah melihat artikel atau membaca artikel anda robot google analytic akan memberikan signal/sinyal bahwa artikel yang terdapat pada situs atau website yang anda kelola tersebut terdapat artikel yang menarik dan berkualitas. Perlu anda ketahui juga bahwa mesin pencarian google juga mengkategorikan dwell time atau kunjungan visitors sebagai salah satu ranking signal penting. Semakin tinggi rate dwell time anda, maka ranking halaman juga akan semakin baik dan tinggi serta merta artikel anda akan berpeluang untuk mendapatkan posisi pertama di google.

dwell time untuk mendapatkan halaman pertama googledwell time untuk mendapatkan halaman pertama google

Berikut ini adalah upaya mendapatkan dwell time atau meningkatkan waktu bertahan pengunjung atau juga bisa disebut upaya untuk membuat si pengunjung betah datang ke blog kita. simak berikut ini.

  • Membuat artikel  atau konten dengan suku kata yang panjang yang memiliki lebih dari 1500 suku kata
  • Internal linkking, internal linking adalah link yang terkait. Link terkait ini juga memungkinkan untuk visitor betah dan berlama – lama untuk membaca artikel – artikel berkualitas yang anda sajikan.
  • Penerbitan artikel selalu disajikan dengan segar dan konsisten.
  • Gunakan arsip widget atau membuat sebuah sitemap agar pengunjung dengan mudahnya mencari artikel yang barangkali membuat si pengunjung ini tertarik dan betah berlama – lama di blog anda.
  • Navigasi blog yang inovatif.


7. Design Blog yang responsive.


Dijaman ini adalah jamanya banyak smartphone berterbangan dimana – mana. Dari mulai smartphone dan tablet yang sudah semakin canggih tentunya. Dengan memiliki design tampilan blog yang responsive maka memungkinkan untuk pengunjung dengan mudah mengakses dan menjelajahi situs anda melalui media seperti hp, smartphone maupun tablet dan semacamnya. Dengan tampilan yang sama ketika blog atau artikel kita di akses melalui laptop/komputer merupakan salah satu faktor untuk mendapatkan ranking 1 google di halaman mesin pencarian. Untuk pada saat ini blog ataupun website yang anda kelol harus memiliki fitur bisa diakses dimana saja atau melalui perangakat apa saja, baik itu via smartphone, laptop, komputer hp dan semacamnya. Google mengkategorikan bahwa blog yang mempunya desain responsive dapat meningkatkan trafik blog tersebut. Dan ini akan mendapatkan peluang memiliki tampilan responsive serta dapat mendudukin posisi terbaik serp.

“Tips blogger : pilihlah desain tampilan template yang bisa diakses melalui media populer seperti halnya gadget canggih laptop/komputer, smartphone, hp, mobile dan tablet”

8. Hindari Duplikat konten.


Salah satu hal yang paling dibenci di mata google adalah duplikat konten, duplikat konten ini adalah sebuah halaman yang berbeda dengan url yang berbeda namun merujuk kepada halaman yang sama. Duplikat konten memang tidak bisa dihindari untuk beberapa kasus seperti widget recent post, popular post, random post, archive blog link para komentator. Namun anda jangan khawatir dengan hal ini. ada cara untuk menanggulangi duplikat konten dan pada umumnya melakukan cara ini sangat mudah dan gampang anda hanya perlu menambahkan rel=’canonical’

Demikianlah informasi mengenai 9 Cara optimasi SEO agar mendapatkan ranking 1 google dengan mudah, semoga bermanfaat. terimakasih.
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar